Phan Thị Kim Phuc

Phan Thị Kim Phúc

 

Phan Thị Kim Phúc
TrangBang.jpg
8 Juni 1972: Kim Phúc, kiri tengah, berlari di jalanan dekat Trang Bang setelah serangan napalm oleh Angkatan Udara Vietnam Selatan. (Nick Ut /AP)
Tempat tinggal Ajax, Ontario
Kewarganegaraan Kanada
Suku Vietnam
Warga negara Kanada
Alma mater Universitas Havana, Kuba
Pekerjaan Penulis, UNESCO Goodwill Ambassador
Dikenal karena menjadi fokus foto “The Girl in the Picture” (Perang Vietnam)
Agama Kristen
Pasangan Bui Huy Toan
Anak Dua
Penghargaan Order of Ontario

Cuplikan rekaman peristiwa sebelum dan sesudah foto “The Girl in the Picture” diambil. (ITN)

Kim Phuc (lahir tahun 1963) adalah subyek dalam sebuah foto terkenal dari Perang Vietnam. Foto menunjukkan dirinya pada saat berumur sembilan tanpa mengenakan pakaian berlarian di tengah jalan setelah terkena luka bakar parah akibat serangan bom napalm Vietnam Selatan.

Kim Phuc adalah warga sebuah desa di Trang Bang, Vietnam. Pada 8 Juni 1972, pesawat Vietnam Selatan menjatuhkan napalm di Trang Bang, yang sedang diduduki oleh pasukan Viet Cong. Dia bergabung dengan sejumlah warga biasa dan tentara kabur dari biara Cao Dai yang terletak di desanya sepanjang jalan menuju tempat perlindungan. Seorang pilot Vietnam Selatan salah mengira kelompok ini berbahaya dan menyerang mereka.

Fotografer Nick Ut mengambil gambar tersebut, dan ia kemudian memperoleh hadiah Pulitzer untuk fotografi atas gambar yang diambilnya. Gambar Kim Phuc berlarian tanpa berpakaian dengan latar belakang yang mengerikan menjadi sebuah simbol yang paling diingat atas Perang Vietnam. Dalam sebuah wawancara beberapa tahun kemudian, dia ingat pada saat itu, dia sedang berteriak “panas, panas!” dalam foto tersebut.

Setelah mengambil gambarnya, Ut dengan segera membawa Kim Phuc dan anak-anak lainnya menuju sebuah rumah sakit di Saigon dimana dia dinyatakan tidak dapat bertahan hidup dengan luka bakar yang sedemikian parah. Walaupun demikian, setelah 14 bulan perawatan di rumah sakit dan 17 kali operasi, dia pulang kembali ke rumah.

Setelah dewasa, Phuc dijadikan simbol anti perang oleh Pemerintah Vietnam. Pada tahun 1986, Phuc diberi izin oleh pemerintahnya untuk melanjutkan studi ke Kuba.

Setelah menerima izin, dia kemudian menuju Kuba dan bertemu Bui Huy Tuan. Pada tahun 1989, Ut menuju Kuba untuk bertemu dia dan tunangannya. Kim Phuc dan Bui Huy Tuan menikah dan pada tahun 1992 mereka pergi berbulan madu. Selama pengisian bahan bakar pesawat di Newfoundland, Kanada, mereka turun dari pesawat dan meminta perlindungan politik. Sekarang mereka tinggal di Ontario dan memiliki dua orang anak.

Pada tahun 1996, dia bertemu kembali dengan dokter bedah yang telah menyelamatkan jiwanya.

Penghargaan

  • Pada tanggal 10 November 1997, Kim Phúc diangkat menjadi UNESCO Goodwill Ambassador.
  • Pada tahun 1999, diterbitkan sebuah biografi dari Kim Phúc, yang ditulis oleh Denise Chong (Chong, Denise. 1991. The Girl in the Picture: the Story of Kim Phúc, the Photograph and the Vietnam War. Penguin Books: New York. ISBN 0-670-88040-X.)
  • Pada tahun 2003, seorang komposer lagu dari Belgia bernama Eric Geurts menuliskan sebuah lagu yang berjudul “The Girl in the Picture” yang dipersembahkannya bagi Kim Phuc yang dinyanyikan oleh Yanah. Rekaman tersebut diedarkan oleh Flying Snowman Records. Seluruh keuntungan yang diperoleh dari penjualan kaset dan CD tersebut disumbangkan bagi Yayasan Kim. Lagu tersebut dapat diperoleh juga di iTunes dan di situs Kim Foundation .
  • Pada tanggal 22 Oktober 2004, Kim Phuc dianugerahi gelar Doktor Kehormatan dibidang hukum oleh Universitas York di Toronto, Ontario, Kanada atas perannya dalam membantu anak-anak korban perang diseluruh dunia.
  • Pada tahun 2004 ia dianugerahi pula medali penghargaan paling prestisius dari pemerintah kota Ontario yaitu medali Order of Ontario.

Publisitas

Foto terkenal tersebut digunakan dalam bentuk cetakan dan televisi sebagai promosi sekolah jurnalisme foto dari Griffith University. Pada tanggal 20 Augstus 2004, Griffith University juga memandu acara dengan Kim Phuc dimana Kim menarik perhatian orang banyak atas kegiatannya dalam Yayasan Kim.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s