Pertempuran Champagne

Pertempuran Champagne Pertama 
Medan pertempuran Champagne pertama.jpg
Medan pertempuran Champagne I (1914)
Pertempuran Champagne Pertama adalah pertempuran di kawasan Champagne di Perancis pada Perang Dunia I, terjadi mulai tanggal 20 Desember 1914 sampai 17 Maret 1915. Serangan pertama Sekutu terhadap Jerman sejak pembangunan parit dalam pertempuran menuju laut pada musim gugur 1914. Pertempuran terjadi sepanjang jalur dari Nieuport ke Verdun.
Korban pertempuran champagne Pertama.jpg
Pertempuran itu dimulai di sepanjang tepi selatan Salient Sayon (dekat Perthes), dan menyebar ke Givenchy (Pertempuran Givenchy 18 – 22 Desember), Perthes (20 Desember) dan Noyon (22 Desember).
Pertempuran yang memakan korban di pihak Perancis 90.000 orang, dan jumlah yang sama pada pihak Jerman.
Pertempuran Champagne Kedua
Pertempuran Champagne Kedua adalah pertempuran antara pasukan Perancis dan pasukan Jerman di Champagne, Perancis. Pertempuran ini terjadi pada 25 September – 6 November 1915. Pada tanggal 25 September 1915 setelah tiga hari persiapan artileri Angkatan Darat Kedua dan Keempat yang dipimpin oleh Jenderal de Castelnau mencoba menghancurkan posisi Jerman dari Aubérive sampai Ville-sur-Gambut. Baris pertahanan pertama dapat dihancurkan hingga 3 km dari Aubérive sampai Mesnil-lès-Hurlus, Prancis kemudian berhadapan dengan baris pertahanan kedua Jerman, lereng dengan jaringan kawat berduri dan tidak bisa ditembus karena tersembunyi dan tak dapat dilihat. Dari Mesnil sampai Ville-sur-Gambut, pasukan Inggris hanya bergerak beberapa ratus meter.
Korps Angkatan Darat ke-2 Kolonial, sisi kanan Angkatan Darat Keempat yang dipimpin oleh Jenderal Langle de Carry, mempunyai tugas berat, bergerak dari Souain-Perthes-lès-Hurlus untuk menghancurkan posisi pertama Jerman sepanjang 5 km dan maju sampai lebih dari tiga kilometer. Korps Angkatan Darat ke-2 Kolonial kemudian menyerang posisi kedua musuh di utara Perkebunan Navarino, sedangkan Korps Angkatan Darat ke-6 (Divisi Infanteri ke-127, Divisi Infanteri ke-12, Divisi Infanteri ke-56) menuju Sommepy-Vouziers. Selama menjadi bagian penyerangan, Blaise Cendrars (terlahir dengan nama Frédéric-Louis Sauser), anggota legiun, terluka parah di depan perkebunan Navarino. Ia kehilangan lengan, sebuah episode yang menjadi judul “Tangan Terputus” (fr: La Main coupée)cerita perang sekitar dua puluh tahun kemudian.
Navarin.jpg

Monumen Ossuaire « Perkebunan Navarin » Souain, Marne.
Pada tanggal 29 September serangan dihentikan, dan meninggalkan 138,576 orang di luar pertempuran, sebuah kegagalan. Pada tanggal 6 Oktober pertempuran dimulai kembali selama 10 hari untuk memperbaiki keadaan, terutama di Tahure.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s