Pertempuran Ladang Mouquet

Pertempuran Ladang Mouquet adalah bagian dari Pertempuran Somme setelah Pertempuran Pozières yang terjadi mulai tanggal 5 Agustus sampai 27 September 1916. Ladang pertanian tersebut akhirnya dapat direbut pada 27 September.
Mouquet Farm Pozieres.jpg
Ladang Mouquet, Pozières oleh Fred Leist, 1917.
Perebutan Ladang Mouquet sangat mengganggu kestabilan pertahanan Jerman di Thiepval sejauh ini bertahan terhadap semua serangan Inggris.
Selama pertempuran, divisi Australia dari Korps Anzac I maju ke barat laut Pozières sepanjang punggung bukit, ke Ladang Mouquet (pusat kekuatan Jerman), untuk mendukung divisi Inggris di sebelah kiri. Pergerakan ke ladang Mouguet diamati artileri Jerman yang dapat meruntuhkan waduk pada penyerangan dari tiga sisi Salient. Hal ini mengakibatkan banyak korban pada para penyerang sebelum mereka sampai di Ladang Mouguet. Namun, selama Agustus dan awal September, divisi Australia berhasil tiga kali mencapai ladang, meskipun telah dipaksa mundur setiap kali mencapainya. Koorps Anzac I menderita sekitar 6.300 korban.
Saat pertempuran, Korps Kanada mengambil alih pimpinan dari Australia yang ditarik mundur pada tanggal 5 September. Namun, pada saat pertempuran berakhir pada pertengahan September, pasukan Jerman masih bertahan. Ladang Mouguet akhirnya ditaklukkan pada 27 September setelah serangan pada Pertempuran Thiepval Ridge.
Akibat Perang
Korban dari pihak Korps ANZAC sebagai berikut:
* Divisi Australia ke-1 – 2.650 orang
* Divisi Australia ke-2 – (hanya Brigade ke-6) 896 orang
* Divisi Australia ke-4 – 7.158 orang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s