Pertempuran Pozières

Pertempuran Pozières adalah pertempuran selama dua minggu (23 Juli – 7 Agustus 1916) di desa Pozières, Perancis selama Pertempuran Somme di tahun 1916. Meskipun divisi Inggris terlibat dalam sebagian besar pertempuran, terutama Pozières, pertempuran ini dikenang sebagai pertempuran Australia. Pertempuran berakhir dengan pasukan Sekutu menguasai dataran tinggi di utara dan timur desa, dan pada posisi mengancam pertahanan Jerman di Thiepval.
Desa Pozières terletak di atas punggung bukit kira-kira di tengah sektor Inggris dari medan Pertempuran Somme.

Pozieres plateau 28 August 1916.jpg

Pozières adalah sangat penting bagi pertahanan Jerman; desa membentuk pos pertahanan kedua sistem parit. Baris kedua Jerman ini diperpanjang dari luar Ladang Mouguet di utara, ke belakang Pozières, ke arah timur, lalu ke selatan menuju Bazentin ridge dan desa Bazentin le Petit dan Longueval.
Pada 14 Juli, selama Pertempuran Bazentin Ridge, bagian selatan baris kedua Jerman direbut oleh Angkatan Darat Keempat Inggris Letnan Jenderal Sir Henry Rawlinson. Prospek yang menggoda “menggulung” baris kedua Jerman dengan memutar ke arah utara. Namun, Pozières tetap berada di jalur.
Komandan Inggris, Jenderal Sir Douglas Haig, kekurangan amunisi untuk segera menyerang setelah 14 Juli. Percaya bahwa Pozières dan Thiepval tidak dapat dipertahankan Jerman, Inggris melanjutkan momentum ke timur, Haig memerintahkan Rawlinson untuk berkonsentrasi pada pusat antara Hight Wood dan Delville Wood serta desa Guillemont dan Ginchy.
Sementara itu, rencana mempertahankan tekanan dan merebut Pozières oleh seorang “mantap, metodis, selangkah-demi-langkah maju”. Antara 13 dan 17 Juli, Angkatan Darat Keempat dibuat empat, serangan skala kecil terhadap Pozières tanpa hasil dan banyak korban. Dalam periode ini desa menjadi sasaran pemboman dan direduksi menjadi puing-puing. Pada dua kesempatan infanteri yang menyerang masuk ke dalam parit di selatan dan tepi barat desa, yang dikenal sebagai “parit Pozières”, meskipun telah dua kali diusir. Upaya untuk mendapatkan bagian timur desa juga gagal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s