Kampanye Afrika Barat Menuju Perang Dunia I

Kampanye Afrika Barat dari Perang Dunia I terdiri dari dua operasi militer kecil dan cukup singkat untuk merebut koloni Jerman di Afrika Barat: Togo dan Kamerun. Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia, dengan total perintah dekat lautan di dunia, memiliki kekuasaan dan sumber daya untuk menaklukkan koloni Jerman saat Perang Dunia dimulai. Kedua koloni Jerman di Afrika Barat baru-baru ini diperoleh dan tidak dipertahankan dengan baik. Mereka juga dikelilingi oleh koloni-koloni Afrika milik musuh-musuh mereka, para Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia serta Perancis.

Pertempuran Togo

Koloni kecil ini hampir segera ditaklukkan oleh kekuatan militer dari Inggris Gold Coast (saat ini disebut Ghana) dan kekuatan kecil dari Perancis Dahomey (saat ini disebut Benin). Koloni tidak memiliki kekuatan militer, hanya kepolisian. Stasiun radio di Kamina diserang pada 22 Agustus 1914, dan komandan lokal Jerman menyerah empat hari kemudian, setelah pertama kali memerintahkan dan mengawasi penghancuran stasiun vital. Semua operasi berakhir pada 27 Agustus, tanpa korban dari Jerman Eropa. John Keegan mengidentifikasi dua kekuatan militer sebagai Royal Angkatan Frontier Afrika Barat (West African Rifles) dan Tirailleurs senegalais.

Pertempuran Togo
 
Pertempuran Kamerun
 

Satu-satunya pusat perlawanan Jerman yang utama adalah Yaounda (saat ini disebut Yaounde). Pasukan Belgia-Perancis mengikuti Jerman melalui jalur kereta api yang dibangun di pedalaman, mengalahkan kontra-serangan Jerman di sepanjang jalan. Pada bulan November, Yaounde direbut. Sebagian besar tentara Jerman selamat mundur ke Spanyol Guinea (saat ini disebut Equatorial Guinea), yang merupakan wilayah netral. Kekuatan terakhir Jerman di Kamerun akhirnya menyerah pada bulan Februari 1916.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s