Pertempuran Verdun

Pertempuran Verdun adalah pertempuran antara pasukan Jerman dan Perancis di blok Barat selama Perang Dunia I pada tanggal 21 Februari sampai 18 Desember 1916, di daerah perbukitan utara kota Verdun-sur-Meuse di utara-timur Perancis. Pertempuran Verdun berakhir dengan kemenangan Perancis karena Komando tertinggi Jerman gagal mencapai dua tujuan strategis: (1) Merebut kota Verdun, dan (2) Lebih banyak korban daripada pasukan Perancis. Secara keseluruhan, Pertempuran Verdun mengakibatkan lebih dari seperempat juta orang terbunuh di medan pertempuran dan setidaknya setengah juta terluka.
Peta pertempuran Verdun
Pertempuran Verdun merupakan pertempuran terpanjang dan paling dahsyat selama Perang Dunia I. Total penggunanan senjata sekitar 40 juta peluru artileri dari kedua belah pihak selama pertempuran. Kota Verdun memainkan peranan penting dalam pertahanan karena lokasi kota sangat strategis yaitu di Sungai Meuse. Attila the Hun, misalnya, gagal dalam abad kelima upaya untuk merebut kota. Pada pembagian kerajaan Charlemagne, Perjanjian Verdun dari 843 bagian kota dari Kekaisaran Romawi Suci.
Pada tahun 1648 diberikan Verdun ke Perancis. Verdun memainkan peran yang sangat penting dalam garis pertahanan yang dibangun setelah Perang Perancis-Prusia tahun 1870. Sebagai perlindungan terhadap ancaman Jerman di sepanjang perbatasan timur, dibangun antara Verdun dan Toul serta antara Épinal dan Belfort. Verdun merupakan pintu masuk utara dataran Champagne dan juga jalur terdekat menuju ibukota Perancis, Paris.
Kota kecil Meuse, terkenal karena sebagai tempat penandatanganan Perjanjian Verdun tahun 843. Kemenangan ini dianggap oleh para pejuang pertahanan seperti kemenangan Perancis, menjadi simbol keberanian dan pengorbanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s