Pertempuran Khe Sanh

Pertempuran Khe Sanh

Pertempuran Khe Sanh
Bagian dari Perang Vietnam
300px
Dampak artileri PAVN dekat LU Khe Sanh.
Tanggal 21 Januari 1968 – 8 April 1968
Lokasi Khe Sanh, Provinsi Quang Tri, Republik Vietnam – UTM Grid😄 852-418[1]
Hasil Kemenangan telak Sekutu
Pihak yang terlibat
 Amerika Serikat
Flag of South Vietnam.svg Vietnam Selatan
Flag of Vietnam.svg Vietnam Utara
Komandan
David E. Lownds (lokal),
William C. Westmoreland (teater)
Tran Quy Hai (lokal),
Vo Nguyen Giap (teater)
Kekuatan
6.000[1] 20.000–30.000
Jumlah korban
730 gugur,
2.642 terluka,
7 hilang[2]
Tak diketahui; diperkirakan antara 10.000-15.000[3][4]

Pertempuran Khe Sanh terjadi antara tanggal 21 Januari hingga 8 April 1968 di masa Perang Vietnam antara pasukan Vietnam Utara (Tentara Rakyat Vietnam) melawan US Army.

Pada awal perang, markas Amerika di Khe Sanh terletak dekat dengan perbatasan Vietnam Utara dan para prajurit yang bermarkas mengirim unit secara gabungan ke perbatasan itu melawan Tentara Rakyat Vietnam dalam Pertempuran Dak To. Tahun 1967 ditandai dengan gerakan pasukan Vietnam Utara yang bertambah dramatis dari tahun 1966. Namun, komandan tinggi angkatan Amerika di Vietnam, Jenderal William Westmoreland percaya pada setiap gerakan Amerika yang membingungkan dari banyak perjuangan Viet Cong di Vietnam Selatan. Markas Amerika di Khe Sanh diserang oleh Tentara Rakyat Vietnam pada tanggal 21 Januari 1968 saat serangan Tet, serangan Vietnam Utara atas Vietnam Selatan.

Vietnam Utara awalnya menekan angkatan AS dari garis pertahanan mereka di luar markas hingga markas di mana angkatan AS terus menerus mengadakan serangan. Di awal Februari Vietnam Utara menyerang posis Amerika di selatan Khe Sanh dan berhasil menaklukkannya dan dengan itu Khe Sanh dikepung oleh pasukan Vietnam Utara yang mengadakan serangan tiap hari di markas itu. Vietnam Utara segera mulai mulai menembakkan banyak artileri secara besar-besaran terhadap markas agar menyerah, lebih dari 700.000 granat dari pasukan Vietnam Utara menghantam Khe Sanh. Amerika mengadakan serangan bom besar-besaran dari udara terhadap kedudukan pasukan Vietnam Utara untuk mempertahankan angkatan AS di markas itu. Di akhir Maret markas Amerika masih saja diserang oleh Vietnam Utara. Pada tanggal 1 April AS mengawali Operasi Pegasus yang memecah pengepungan Khe Sanh; operasi tersebut berhasil setelah perlawanan singkat dari pasukan Vietnam Utara yang kelelahan lalu menarik mundur.

Pertempuran Khe Sanh menjadi salah satu pertempuran berdarah dan paling diingat dari Perang Vietnam yang saat itu pers AS melaporkan situasi di Khe Sanh tiap hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s