Perang Vietnam

Film-film Amerika dari Perang Vietnam

Perang Vietnam adalah sebuah perang yang merupakan hasil dari ambisi pejabat Gedung Putih untuk mencampuri urusan internal negara lain demi meraih kekuasaan di dunia. Perang ini dimulai dengan provokasi AS terhadap sebagian kelompok di Vietnam untuk mendirikan negara yang terpisah dari pemerintahan pusat yang berhaluan komunis. Negara baru bentukan AS ini adalah Vietnam Selatan. Demi untuk melindungi Vietnam Selatan dari serangan tentara Vietnam Utara, AS pun mengirimkan puluhan ribu pasukannya ke Vietnam. Namun tentara AS tidak berdaya melawan kekuatan Vietnam Utara dan akhirnya menarik mundur pasukannya dari negara itu. Namun demikian, krisis dan dampak sosial, budaya dan politik dari perang ini masih terus dirasakan rakyat AS hingga hari ini.

Berbagai film telah dibuat oleh para sineas AS berkenaan dengan film ini, baik yang menjadi corong pemerintah yaitu, menampilkan AS sebagai pahlawan pembela kebenaran dalam perang ini, maupun fikm-film yang mengkritik perang tersebut. Di antara film-film yang mengkritik perang Vietnam adalah film berjudul The Deer Hunter karya Michaal Cimino yang dirilis tahun 1978. Film panjang ini dibagi ke dalam 4 bagian. Film ini meneliti dampak buruk Perang Vietnam terhadap masyarakat sebuah kota kecil yang terletak di Pennyslvania. Film ini mengisahkan tiga orang pria yang bekerja di pabrik metal dan mempunyai kehidupan yang bahagia sampai mereka harus terjun ke medan perang. Dalam perang, mereka sempat tertawan sampai akhirnya berhasil melarikan diri dan dua orang dari mereka berhasil pulang ke kampung halaman dalam keadaan cacat. Namun, seluruh kehidupan mereka telah berubah dan kebahagiaan yang dulu mereka miliki sudah tidak ada lagi.

Film lainnya berkenaan dengan Perang Vietnam adalah film berjudul Apocalypse Now hasil karya sutradara Francis Ford Coppola yang dirilis pada tahun 1979. Naskah film ini didasarkan pada novel terkenal karya Josef Conrad berjudul Heart of Darkness. Kisah film ini berputar pada puncak perang Vietnam dan menggambarkan seorang kolonel muda yang terkenang kembali kepada masa lalunya. Dalam perang tersebut, si kolonel muda itu ditugaskan untuk pergi ke sebuah tempat yang jauh terpencil untuk membunuh seorang perwira yang membelot dari perintah. Sebagian besar dari film ini menceritakan perjalanannya di tengah-tengah darah dan api untuk sampai ke tempat sang perwira calon sasarannya tersebut. Dalam perjalanan ini, si kolonel muda menemui gambaran baru dan pandangan baru mengenai perang. Akhirnya setelah dia melaksanakan tugasnya untuk membunuh sang perwira, perlahan-lahan dia sendiri pun berubah menjadi seperti perwira tersebut.

Film terkenal lainnya mengenai Perang Vietnam adalah film-film karya Oliver Stone, di antaranya berjudul Platoon, Born on the fourth of July, serta  Heaven and Earth. Film-film karya Oliver Stone membicarakan banyak hal yang sebelumnya jarang disentuh berkenaan dengan Perang Vietnam. Oliver Stone sendiri pada usia muda bergabung dalam tentara AS yang ditugaskan ke Vietnam. Awalnya ia percaya bahwa Amerika berada di jalan benar. Namun selepas perang, dia merasa hampa dan kecewa. Perasaan ragu dan kecewa seperti ini banyak dialami oleh para veteran perang Vietnam. Mereka tidak yakin apakah yang mereka lakukan, yaitu membunuhi rakyat Vietnam, adalah tindakan yang benar sebagaimana yang didoktrinkan kepada mereka.

Oliver Stone memproduksi film Platoon pada tahun 1986 yang mengisahkan sekelompok anak-anak muda dan perjuangan mereka dalam sebuah perang. Naskah film ini ditulis oleh Stone sendiri berdasarkan kisah nyata dan bersifat dokumenter. Dalam film ini diperlihatkan hubungan antar-manusia dalam medan perang. Fokus utama film ini ialah konflik antara dua orang,  salah satunya merupakan simbol kebaikan dan seorang lainnya menyimbolkan kejahatan. Pada akhirnya, dendam dan kekerasan telah menyebabkan simbol dari kebaikan itu menemui ajalnya.

Film lain karya Oliver Stone ialah Born on the Fourth of July yang dirilis pada tahun 1989 dan dianggap sebagai filmnya yang paling sukses. Film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang anak muda yang berjiwa nasionalis dan lumpuh dalam Perang Vietnam. Dia menahan rasa takut dan cemas saat berada dalam rumah sakit tentara dan melewati kehidupan yang menyedihkan selepas itu. Dalam film ini gambar-gambar di medan tempur digabungkan  dengan kehidupan di luar perang. Film ini menelaah hancurnya impian Amerika pada dekade 1960-an dan Perang Vietnam ditampilkan sebagai puncak pertentangan berbagai pemikiran kontemporer AS.

Karya Oliver Stone lainnya, yang sekaligus dianggap sebagai akhir dari pembuatan film-film mengenai Perang Vietnam adalah film Heaven and Earth yang dibuat pada tahun 1993. Film ini berupaya untuk menunjukkan perang dari pandangan seorang rakyat Vietnam dan hal ini merupakan yang pertama kalinya  dibuat oleh industri perfilman Hollywood. Dalam film ini, dikisahkan mengenai seorang perempuan Vietnam bernama Le Ly Hayslip yang hijrah ke Amerika setelah menikah dengan seorang tentara Amerika yang sebelumnya bertugas di Vietnam. Mantan tentara ini kemudian mengalami depresi akibat pengalaman buruknya selama perang dan si perempuan Vietnam itu berusaha menyelamatkan suaminya dari situasi tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s